Jalan Keluar Untuk Kalian Yang Sedang Mengalami Adiksi dan Kebiasaan Buruk

Jalan Keluar Untuk Kalian Yang Sedang Mengalami Adiksi dan Kebiasaan Buruk
Jalan Keluar Untuk Kalian Yang Sedang Mengalami Adiksi dan Kebiasaan Buruk

Hai.

Kuliah kehidupan adalah jalan keluar bagi kalian yang sedang mengalami adiksi dan kebiasaan buruk.

Hai, kali ini saya akan membawakan materi dengan sedikit berbeda, bukan sebagai dosen kalian, tapi sebagai seorang pribadi yang ingin menghantamkan kalian pada realita. Sesuai judulnya, matakuliah kita hari ini adalah untuk kalian yang sedang terjebak dalam suatu adiksi, entah itu narkotika, seks, alkohol, rokok, game, film, lagu, judi, atau apapun itu yang mana kalian sudah mulai merasakan dampaknya di kehidupan kalian.

Hai, langsung saja. Ya, setidaknya setengah dari kalian yang membuka video ini pasti menyadari bahwa kalian sedang terbelenggu dalam sebuah ADC (adiksi dan kebiasaan buruk) dan kalian mencari jalan keluar dari belenggu ini. Kalian sudah mencoba berbagai macam hal, tapi selalu gagal.

Hai, kenapa begitu? Karena kalian tidak sungguh-sungguh ingin lepas dari belenggu ini. Kalian menikmati dan nyaman berada di dalam penjara ini, dan kalian sadar kalian mencoba mencari jalan keluar tapi kalian tidak sungguh-sungguh. Kalian melakukannya dengan setengah hati hanya untuk menghibur diri kalian.

Hai, tapi kenyataannya, kalian hanyalah takut. Kalian takut berubah, takut keluar dari zona nyaman, dan takut gagal lagi. Kebiasaan buruk adalah parasit, karena ketika kalian gagal mengajarkan kebiasaan buruk kalian, maka kebiasaan buruk akan menghancurkan kalian. Pola kebiasaan adalah bagian dari diri kalian yang membentuk siapa jati diri kalian, dan kebiasaan buruk akan melumat habis, menjebak kalian dalam sebuah lingkaran setan yang tidak akan ada habisnya, dan pada akhirnya mengalahkan dan menghancurkan kehidupan ini.

Sekarang, saya akan membuka lima dengan peta dan kompas yang bisa menuntun kalian untuk keluar dari lingkaran ini. Ingatlah, semua perubahan dimulai dari sebuah emosi yang kuat: rasa hina, penyesalan, keputusasaan, dan kehilangan. Emosi-emosi ini adalah teman kalian. Maka, usaha yang setengah-setengah tidak akan menghasilkan apa-apa. Sekarang, kalian tidak bertarung dengan siapa pun kecuali diri kalian sendiri, dan untuk menyalahkan diri kalian, dibutuhkan hasrat yang membara, hasrat untuk merubah kebiasaan buruk yang sudah mengakar pada diri kalian.

Selama ini, kalian mencoba bertarung hanya dengan mengandalkan tekad yang masih lemah. Bergantung pada tingkat shade adalah sebuah kesalahan, dan kesalahan ini akan membuat kalian membayar dengan harga yang sangat mahal, yaitu kegagalan. Untuk merubah kebiasaan kalian, membutuhkan sebuah struktur sistem yang bisa menjadi sebuah rutinitas. Kalian harus mulai memahami dan mengenal lebih dalam diri kalian, pikiran kalian, dan bagaimana otak kalian berproses.

Peta yang akan saya berikan bernama "pemicu rutinitas dan hadiah." Ini adalah kebiasaan baru yang harus kalian tanamkan pada diri kalian untuk meminimalisir kegagalan. Kalian harus bisa menerapkan kebiasaan ini. Kalian harus mulai bertanya pada diri kalian sendiri, "Bagaimana caranya agar saya bisa menghindari sifat-sifat negatif? Bagaimana saya bisa menghandle hasrat saya?" Dan sebagainya. Tapi pada intinya, kalian harus bisa mengenal dan memahami diri kalian sendiri, tentang bagaimana kalian berpikir dan bertindak. Ini unik karena hanya bisa kalian yang melakukan.

Jadi, itu tadi adalah tujuan pertama kita dalam benteng. Selanjutnya, keinginanmu untuk melakukan kebiasaan buruk itu paling kuat saat pertama kali kebiasaan itu muncul. Di sinilah kalian harus lebih pintar dari diri kalian sendiri, tunda apapun itu, kebiasaan burukmu. Kelabui pikiranmu dari hasrat buruk ini, alihkan ke hal lain. Coba fokus, kalau nggak bisa, paksa. Karena pada dasarnya, kalian hanya perlu menunggu. Hal terbaik dan distro paling mudah untuk menghancurkan adiksi dan merubah kebiasaan buruk adalah dengan melarang dan mengalihkan. Kalian harus bisa melarang diri kalian sendiri dan mengalihkannya. Alihkan pikiran-pikiran kalian untuk tenggelam dalam suatu aktivitas baru, dengan mempelajari hal baru dan melakukan hal baru.

Di sini memang akan banyak memakan waktu dan usaha, tapi apakah kalian akan menyerah di sini? Bagi saya, kegagalan adalah hal yang mutlak dan tidak akan pernah bisa dihindari. Meski nanti kalian mencoba keluar dari belenggu ini dan kalian mengalami banyak kegagalan, enggak papa. Saya hanya ingin kalian untuk tidak pernah menyerah.

Jika pada akhirnya kalian bertanya, kenapa saya gagal terus keluar dari adiksi dan kebiasaan buruk ini, saya akan memberikan kompas sebagai penunjuk arah kalian. Karena harus tahu bahwa kegagalan yang berulang adalah tanda dari kurangnya kesadaran. Dan untuk bisa meminimalisir kegagalan, kalian harus sadar tentang perilaku kalian dan kondisi lingkungan kalian. Karena ketika kalian tahu apa yang memicu kalian untuk kembali pada adiksi dan kebiasaan buruk, kalian akan bisa bertarung dengan sedikit lebih baik. Karena ketika kalian tidak kunjung menyadari semuanya, kalian hanya menunggu bom waktu yang akan menghancurkan segala usahamu.

Ketahuilah dan sadarilah bahwa kalian itu problematik. Menolak atau menyangkal hanya akan memperpanjang penderitaan ini. Hilangkan semua sangkalan. Contohnya, "Sebatang anjing, nggak papa kali minum dikit juga nggak apa-apa, kan udah semingguan minum. Apa-apa berjudi sekali-sekali, ngomong ada uang dingin, ya mau gimana lagi, tadi malam mau gila." Terus, Anda sadar udah dikirim sama pacar. Hilangkan semua ini. Ini semua adalah bisikan iblis, dan ketika kalian mendengarkan bisikan ini, kalian akan diserap kembali pada lingkaran setan.

Hai, oke, minggu depan aku mulai olahraga. Minggu depan aku berhenti. Sabar ya, sabar. Ya, besok aku berubah. Berhenti mencari momentum, karena momentum itu enggak akan pernah ada. Momentum adalah apa yang kalian ciptakan. Mulailah hari ini dan saat ini juga. Selesaikan apa yang harus kalian selesaikan, lakukan dengan disiplin dan konstan, ulangi terus setiap hari. Mulai hari ini, belajarlah untuk melakukan semua hal dengan benar. Ulangi setiap hari, bukan seminggu, dua minggu, sebulan. Enggak seperti itu. Lakukan dengan benar dan ulangi lagi besoknya. Terus lakukan seperti itu, dan prinsip ini yang akan membuat kalian konsisten dan terus positif. Dan ini adalah peta kalian menuju jalan keluar.

Mungkin sempat kalian berpikir bahwa hidup kalian akan membosankan tanpa adiksi dan kebiasaan buruk kalian. Tapi ini adalah mesin. Jika kalian merasa kesulitan dalam mencari jalan keluar, cobalah cari teman, pasangan, atau jika tidak memungkinkan, kembalilah pada keluargamu. Tapi pastikan dulu mereka memang berniat dan mampu untuk membantu kalian keluar. Karena jujur, saya pun dulu, untuk keluar dari adiksi yang ber-ac, alami sendirian, itu sangat sulit, dan seringnya kita akan merasakan kesepian dan keputusasaan yang mendalam. Dan di detik ini, bantuan dari orang sangat berarti di sini. Jika kalian tidak bisa menemukan orang-orang tersebut, tidak bisa menemukan orang yang tepat, enggak papa. Masih ada saya. Saya akan membantu jika kalian membutuhkan, karena dulu ketika saya berjuang keluar dari adiksi dan kebiasaan buruk, saya sendirian. Maka dari itu, jika kalian butuh bantuan, silahkan hubungi saya, dan saya siap membimbing kalian keluar.

Ingatlah bahwa tidak penting seberapa lambat kalian berjalan mencari jalan keluar dari semua hal ini, tapi yang terpenting adalah keyakinan kalian bahwa jalan keluar itu ada dan kemauan kalian untuk sampai di sana. Hal inilah yang akan merubah hidupmu. Jadi, jangan buru-buru, teruslah konsisten. Sekian dari kuliah saya hari ini. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa like, share, dan subscribe.
LihatTutupKomentar