7 Side Hustle Yang Bisa Kalian Lakukan di 2023

7 Side Hustle Yang Bisa Kalian Lakukan di 2023
7 Side Hustle Yang Bisa Kalian Lakukan di 2023

 Hai, kuliah kehidupan 7 Sada style yang bisa kalian lakukan di Tahun 2022, untuk saat pandemi dan sekarang pospan. Demi Kita semua banyak belajar tentang pentingnya uang dan kesehatan finansial kita. Kita belajar bahwa di dunia yang serba tidak pasti ini, kita harus bersiap untuk segalanya, segala kemungkinan yang akan terjadi. Kita kan gak bisa nebak ya, The Beatles kalau kita siap, ya. Ayo kita nggak akan kelabakan. A-teen, kita akan tetap bisa survive.


Di sini saya akan memberikan gambaran tentang beberapa sampingan atau side hustle yang bisa kalian lakukan, tidak peduli usia atau pekerjaan kalian.


Pertama adalah video dan podcast editing. Tentunya, kalian yang melihat video saya menyadari bahwa tidak ada ilustrasi atau sesuatu yang menarik dari segi visual, bahkan dari kualitas audionya pun juga enggak cukup baik. Ya, karena begitulah umumnya content creator, mereka suka bikin konten dan membagikan ilmunya, tapi ketika balik lagi kepada realita, banyak yang benci sama proses editnya. Saya juga. Dan di sini kalian bisa belajar untuk editing video dan audio. Kalau mau edit konten saya juga, nggak apa-apa, nanti saya bayar pokok sama sharing profit dari penghasilan channel. Beneran, nggak papa. Langsung tulis aja di kolom komentar, nanti kita coba 12 konten, kalau cocok, kita tanda tangan kontrak kedua.


Kedua, online tutoring atau ngejar online. Bukan Najwa, tapi tutoring. Hai, Jelly untuk pak kalian brushless yang pengalamanya udah segudang, pengalaman kerjanya udah puluhan tahun, ya. Mungkin sekarang kalian sudah terlalu tua atau karena suatu hal lain kalian jadi tidak bisa untuk bekerja sebaik dulu. Maka dari itu, jualah ilmu yang sudah kalian dapatkan secara online, ga ribet kok. Sekarang udah banyak banget fasilitas seperti Google Meet atau Zoom untuk mempermudah tutoring kalian. Jika kalian merasa ilmu yang kalian miliki tidak akan laku, nggak semua ilmu itu bernilai. Jika kalian anak muda keren, bisa tutoring tentang cara bermain game seperti Mobile Legends atau PUBG yang baik dan benar. Banyak Sunday konten-konten di YouTube nih, TikTok. Gimana cara? Kalau nggak salah ya, jadi hiper yang bener, jadi site yang bener, kalau soalnya Dota ya. Jika kalian hobi olahraga, kalian juga bisa tutoring, misal cara berlari dengan efisien, gagal mencapai, atau cara untuk meminimalisir cedera, dan sebagainya.


Ketiga, di website design. Emang kedengaran sulit ya? Hai, episode nih dari mahasiswa yang kuliah di jurusan Teknik Informatika. Dia bilang belajar desain web mbak Summit, dan malah mungkin itu mata-mata kuliah paling mudah di Teknik Informatika, dan bayarannya ataupun cukup fantastis. Ya, lu tahun 2015, saya pernah menyewa jasa desain website. Ya, pokoknya terima jadi, jadi bikin website terus kalian membuat domain dan hostingnya juga. Waktu itu buat setahun atau dua tahun Selva. Waktu itu saya bayar 25 juta, kalau enggak salah, dan itu saya nyawa jaisa anak kuliahan. Dan di tahun 2015, udah 25 juta untuk amatir ya. Sekarang pasti bisa jauh lebih besar lagi, apalagi misalkan udah cukup ternama dengan baik, bisa ininya terus.


Keempat, ada private consulting. Soalnya, di antara kalian ada yang punya orangtua atau mungkin kenalan yang bisnis. Nah, kalian bisa tawarkan pada mereka untuk jadi konsultan bisnis, jika mereka mau, karena meninggal carikan kliennya, dan setelah itu biaya konsultasinya dibagi alias sharing profit. Atau kalau kalian punya keahlian yang sudah terjamin, misal nih, kalau di Dota, kalender member 3000-4000 itu. Eh, kalian bisa private consulting. Atau, misal kalian punya keahlian menggambar, punya keahlian apa, kalian bisa perfect consulting. Mungkin kalau perangkat consulting tuh paling bagus untuk kalian yang punya keahlian psikologi atau jasmani, ya, jadi kayak high-grade consulting dalam atletis, mungkin ya. Jadi disini pada intinya, kita bisa mencari informasi apapun secara online, kan banyak banget tuh dituliskan, misal kayak eh, kita bikin proposal bisnis, BB-nya sekian, HP-nya sekian. Gimana cara ngitungnya, dan lain-lain, tapi nggak semua orang mau mencari, dan gak semua orang mau menghabiskan waktunya untuk belajar hal-hal itu. Jadi mereka akan mencari jasa konsultan untuk mempercepat progress mereka. Maka dari itu, bagikan ilmu kalian dan dapatkanlah bayaran dari sana.


Kelima, kalian bisa menjual ide atau gagasan. Ini banyak banget dilakuin oleh anak muda sekarang. Ya, anak muda zaman sekarang, lu pinter-pinter jadi. Kebanyakan dari mereka cuma suka berfikir, berfikir aja, dan jarang mau beraksi. Nah, buah atau hasil dari pemikiran mereka tuh mereka jual sebagai konsep atau proposal bisnis. Bahkan, saya pun beli banyak, ya, dari anak-anakmu. B6 ide bisnis saya tawaran kerjasama, mereka enggak mau, dan mereka sudah cukup puas dengan hasil dari menjual ide atau gagasan mereka kepada saya.


Keenam, jadi penulis blog. Hal ini cenderung sekdes the long-term. Eh, jika kalian ada modal, sewa jasa membuat website atau blog, dan sewa juga SEO analyst. Terus, jika kalian punya banyak tulisan, upload aja di sana, dan biarkan nasionalisme yang kalian sewa bekerja. Atau, jika ide kalian sudah mentok, atau mungkin kalau enggak punya ide sama sekali, ya, karena bisa sewa orang, dan bayar mereka untuk menulis disana, dan kalian dapat revenue dari program AdSense Google, katakanlah. Biar agak manusiawi ya, kemarin tuh, saya juga udah lihat-lihat waktu mau bikin konten ini. Kan berapa sih harga bayaran buat orang menulis artikel, partikelnya? Dulu waktu masih jaman-jaman kuliah, saya juga ada kerjaan kayak gini, saya tes tulis, bikin-bikin artikel gitu ya, tapi dia satu war dan bayarnya itu lumayan, kalau gue dan dia CC tuh bisa 100 dollar, baru zaman dulu, sekitar 1,2 jutaan ya, 100 dollar 212 mungkin menghabiskan. Nah, kemarin waktu saya cek, lihat berapa sih tarifnya di Indonesia gitu, dan parah banget sih, Rp20.000. Itupun gak banyak, ke Rp20.000, ada beberapa yang 5000, 1 tetap aja nggak nggak nutup semprot saya. Jadi kalau misal kalian besok, teh punya ide, ini juga buat bikin saya kesel, dan ada modelnya keren sih, orang-orang yang bisa nulis dan pinter nulis, gagasannya banyak, kalian bayar partikelnya Rp50.000, Rp100. Ini mulut minimal Rp50.000. 


Terus yang ketujuh nih, jadi content kreator di medsos. Ini tentu aja, ya, jadi content kreator itu enggak mudah, tapi ketika kalian bisa dan mendapatkan pasar yang tepat, pendapatannya tuh bisa banyak banget, baik itu sharing profit dari platform sponsor atau pendapatan lainnya. Kalau kalian kepo tentang pendapatannya, nih keren ga harus sedih itu break, emang pendapatannya paling banyak ya. Jadi, hai, tapi kalau kalian mau ngecek nih, kalian bisa lihat channel yang diduga busur, terus kalian sehari berapa sih pendapatannya, beliau biasanya lewat Google karena mencari banyak banget itu pendapatannya, piudipai, atau hai, yang channel-channel horor seperti Jurnalrisa, Kisahtanahjawa. Nah, itu ternyata banyak banget. Jadi kalian bisa meleset, dan cari aja topik yang mungkin kalian bisa lakukan secara terus menerus dan konsisten di sangat.


Sekian dari kuliah kita hari ini, serep bagi kalian yang butuh tambahan pemasukan. Segera menemukan idct steel yang tepat dan sukses di sana. 

LihatTutupKomentar